Find us on Google+ Vitamin A | RESEP MASAKAN DAN MANFAAT ANEKA BUAH

Vitamin A

Posted by RESEP MASAKAN DAN MANFAAT ANEKA BUAH on Thursday, August 2, 2012

type='html'>

Vitamin A adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam menjaga kesehatan mata, Vitamin A berfungsi membuat penglihatan mata menjadi lebih baik. Jadi dengan adanya vitamin tersebut, mata kita menjadi sehat. Sedangkan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, Vitamin A berperan menjaga kesehatan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Karena didalam Vitamin A terdapat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.



Sumber Vitamin A banyak ditemukan dari buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan umbi-umbian. Buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin A adalah buah apel, buah pisang, buah pepaya, buah kesemek, buah strawberry. Pada biji-bijian, Vitamin A banyak terdapat pada kacang merah dan kacang ercis. Sedangkan pada sayuran, Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, kangkung, terong, labu kuning, semanggi, daun genjer, kacang panjang, rumput laut. Selain itu, Vitamin A juga banyak ditemukan pada minyak ikan, susu, keju, hati, dan telur.

Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan beberapa penyakit. Diantaranya adalah gangguan penglihatan pada mata. Jika sudah parah, maka dapat menyebabkan kebutaan. Selain itu, kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan penyakit infeksi seperti campak. Infeksi tersebut dapat menghambat penyerapan zat-zat gizi dan pada saat yang bersamaan akan mengikis habis persediaan Vitamin A dalam tubuh.

Namun Anda juga harus berhati-hati karena kelebihan Vitamin A juga ternyata tidak baik meskipun kasus ini jarang terjadi. Kelebihan Vitamin A dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, nyeri sendi, iritasi dan kerontokan rambut seperti yang saya kutip dari wikipedia.

Blog, Updated at: 6:05 AM
Powered by Blogger.

Popular Posts